Jejak Karbon dan Earth Hour!

Hai sobat! Setiap aktivitas kita meninggalkan jejak loh untuk Bumi. Minggu lalu kita sudah kenalan dgn jejak air (water footprint) kita, nah sekarang kita kenalan yuk dengan jejak karbon (carbon footprint) kita.

Jejak karbon (carbon footprint)

Eits. Karbonnya dari mana sih? Jadi, karbon dihasilkan dari sumber energi yg digunakan pada pembangkit listrik. Kalau sobat sering lupa matiin lampu, nah itu artinya sobat udah ninggalin jejak karbon yg lebih besar dari seharusnya. Itu baru jejak karbon dari lampu loh, belum dari yg lainnya. Kasian kan sama Bumi?

Maka yuk, kita donasi untuk Bumi. Caranya simple loh, dengan kita matikan lampu, 1 JAM saja. Kalau dilakukan bersama dgn 260 juta penduduk Indonesia, bisa dilihat tuh peta di gambar kedua, berapa banyak emisi karbon yang kita hemat?

Dengan ikut menghemat jejak karbon, sobat sudah turut dalam upaya pengurangan dampak perubahan iklim loh. Simple kan? Gak perlu ikut konferensi dunia kok. Apalagi, sekarang sobat sebaiknya #dirumahaja untuk mengurangi penyebaran #covid19, gak usah ke mana2, matiin lampu kamar, dan bayangkan Bumi sedang tersenyum dengan donasi kita.

Yuk, apa lagi yang membuatmu ragu?



Jejak karbon salah satunya kita hasilkan dari penggunaan energi listrik, seperti untuk menerangimu dari gelapnya malam, sob!

Bagikan Post Ini

Tinggalkan komentar